Produk Baru: Pia Betutu. Chocolate Hazelnut Spread by POD Chocolate Bali juga ready ya! Pesan via WA, klik disini

Beberapa customer ada yang pernah menanyakan pertanyaan ini. Sejatinya jawabannya ada dua sih karena kemungkinan bagasi yang dimaksud juga ada dua. Bagasi di dalam kabin pesawat atau bagasi di bawah pesawat?

Nah tiap maskapai penerbangan juga punya aturan yang berbeda-beda. Baik dalam tarif per kg yang harus dibayarkan, atau jumlah maksimal bagasi yang diperbolehkan per penumpang, atau juga ukuran dus yang diperbolehkan masuk dalam kabin pesawat.

Baca juga: Kenapa pesanan saya belum diterima? Katanya sehari sampe?

Jadi pertanyaan di atas seharusnya diperjelas seperti:

  1. Bagasi mana yang dimaksud? Bagasi kabin atau bagasi yang di bawah pesawat?
  2. Pesawat apa yang digunakan, dan sudah dapat kapasitas bagasi berapa kg?
  3. Mau dibawa seorang diri atau ada banyak orang yang mau ikutan ditebeng bagasinya?

Contoh: Sekilas gambaran info bagasi di Maskapai Garuda Indonesia

Bagasi kabin batas maksimum;panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm, namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau berat 7kg. Terdapat pengecualian untuk Economy Class CRJ dan ATR, yaitu dengan batas maksimum: panjang 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm, namun jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 92 cm atau berat 7 kg.

Lebih jelas dan lebih lengkapnya bisa dibaca diwebsite resmi Garuda klik disini.

Penting untuk diketahui bahwa kami tidak hapal aturan masing-masing maskapai penerbangan di Indonesia (kami juga bukan agen penjualan tiket pesawat terbang). Dan ada kalanya peraturan mengenai bagasi di maskapai berubah sewaktu-waktu. Jadi lebih bijaksana kalau pengguna maskapai (dalam hal ini penumpang), menanyakan sendiri ke pihak maskapai mengenai kapasitas bagasi yang diperoleh dan ketentuan apakah barang tersebut boleh masuk pesawat.

Misal mau bawa Roti Ayam Betutu buat dicemil di dalam pesawat, maka lebih baik ditanyakan aja ke petugas di maskapai yang bersangkutan, boleh tidak dibawa masuk ke pesawat.

Nah setelah tahu info bagasi yang diperoleh, kami bisa membantu menyesuaikan ukuran dus dan berat dusnya. Misal nih kapasitas maksimal 7kg yang boleh masuk bagasi kabin, maka kami akan aturkan paketnya di bawah 7kg. Bila paketnya memiliki berat total 10kg maka akan kami bagi menjadi 2 paket misalkan per paket beratnya 5kg. Atau dikombinasi menjadi 6kg dan 2kg.

Dengan begini besar kemungkinan barang yang dibawa dan akan dimasukkan bagasi, baik itu bagasi kabin maupun bagasi bawah pesawat akan berjalan lancar. Demikian info yang bisa saya berikan, semoga berguna ya teman ^_^

 

Please write a shout!