Selamat datang! Pod Chocolate dan Wewangian dari biji kopi Bali ready. Heavenly Chocolate Bali juga ada! Pesan via WhatsApp aja, klik disini

Kacang merupakan cemilan yang cocok untuk segala suasana. Kacang khas dari Bali banyak digemari konsumen karena rasanya yang gurih, renyah, dan semakin lama varian rasanya semakin unik. Banyak produsen kacang yang mulai mengembangkan inovasi rasa pada kacangnya. Saking larisnya nih, toko oleh-oleh di Bali pasti menjual kacang. Makanya salah satu oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli ialah Kacang Bali.

Tetapi, tahukah Anda bahwa Kacang Bali tidak hanya terbagi dalam berbagai varian rasa? Kacang Bali juga terbagi dalam beberapa jenis loh. Setidaknya ada 4 jenis Kacang Bali yang laris manis di pasaran. Ada Kacang Tanah, Kacang Kapri, Kacang Koro, dan Kacang Disko. Yuk simak ulasannya satu-persatu ya 🙂

Kacang Tanah

Kacang Matahari varian Bawang Putih 500gr

Kacang Matahari varian Bawang Putih 500gr

Kacang Tanah di Bali merupakan salah satu kacang yang banyak diburu wisatawan. Selain karena gurih, kacang tanah tergolong tidak ribet dan cukup simple dijadikan cemilan. Di Bali, Kacang tanah diolah dengan cara disangrai dengan bumbu. Ada yang menggunakan bumbu bawang putih, ada yang dibumbui dengan garam, dan tak sedikit pula yang membumbui dengan irisan daun jeruk.

Kacang Kapri

Kacang Kapri cap Tari Bali Meman

Kacang Kapri cap Tari Bali Meman

Kacang Kapri di Bali bentuknya seperti kacang tanah, namun ukurannya lebih besar dengan rasa yang lebih gurih. Pengolahannya juga dengan disangrai. Kacang ini banyak digemari konsumen karena rasanya yang memang lebih gurih serta ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan kacang tanah. Tak sedikit konsumen yang suka membeli dalam jumlah banyak dalam sekali beli. Merk yang paling terkenal di Bali adalah Kacang Kapri cap Tari Bali Meman.

Di Bali, setidaknya ada 4 merk Kacang Bali yang selalu diincar pembeli. Yakni Kacang Asin Rahayu, Kacang Matahari (dengan varian original dan bawang putih), Kacang Bumbu Rempah Ayu Bali (ada irisan daun jeruknya loh) dan Kacang Kapri cap Tari Bali Meman.

Kacang Koro

Kacang Koro Manna varian Original

Kacang Koro Manna varian Original

Kacang koro berbentuk pipih dan berwarna lebih kuning dari kacang tanah. Sama seperti Kacang tanah, Kacang Koro diolah dengan cara disangrai dan diberi bumbu. Kacang Koro memiliki penggemarnya sendiri di pasaran. Jadi tentu saja kacang jenis ini mampu bersaing dengan kacang lain yang jadi favorit di Bali. Di Bali ada merk Manna dan Korosari yang menyajikan Kacang Koro dengan rasa-rasa andalan.

Merk Korosari hadir dengan rasa original, dengan cara pengolahan di oven. Jadi bukan lagi disangrai ya. Nah, di sisi lain, merk Manna hadir dengan varian rasa yang lebih beragam. Ada rasa original, Keju, bawang, dan rumput laut.

Kacang Disco

Kacang Disko Kecak Mama kemasan 400gr

Kacang Disko Kecak Mama kemasan 400gr

Kacang Disco atau disko merupakan salah satu kacang yang paling banyak dicari karena kacangnya semakin nikmat dengan lapisan tepungnya. Belum lagi tambahan bumbu aneka rasa yang menambah nikmatnya kacang tersebut. Kacang Disco dibuat dari kacang tanah yang diberi adonan basah dan kering lalu digoreng.

Adonan basah kacang terdiri dari putih telur dan gula yang dikocok lepas sampai putih. Sedangkan adonan keringnya merupakan campuran dari tepung terigu, tepung bumbu, dan bumbu rasa yang diinginkan, seperti barbeque misalnya. Kacang yang masih mentah akan dicampur dengan setengah bagian adonan basah kemudian diaduk rata.

Meski Kacang Bali sangat terkenal, tapi tahukah Anda bahwa ada produsen kacang yang sejatinya mengambil bahan baku dari Pulau Jawa seperti Kota Surabaya misalnya? Untuk jadi khas Bali ternyata tak harus asli dari Bali ya kacangnya!

Nah, barulah adonan kering dimasukkan sedikit demi sedikit untuk dicampur. Setelahnya barulah bergantian dituang adonan kering dan basah sambil diaduk dengan tangan agar kacang tidak menggumpal. Kacang berbalur tepung inilah yang kemudian digoreng dan menjadi Kacang Disco.

Di Bali merk kacang disco yang banyak dicari adalah Kacang Disco Kecak Mama, Kacang Disco Mami, Kacang Disko Rajawali dan Kacang Disko RasaLokal.

Nah, itulah kacang-kacang khas Bali yang banyak diburu pembeli. Setiap jenis kacang pasti punya penggemarnya sendir-sendiri ya. Kalau Anda suka yang mana? (Meg)

Please write a shout!