Amazing: 120pcs Roti Ayam Betutu dan 10 porsi Ayam Betutu Bu Koming terkirim dengan selamat! Pesan sekarang via WhatsApp, klik disini aja

Pernah nggak sih Anda menyadari mengapa di cuaca terik sekalipun, orang Indonesia suka sekali menyantap bakso, soto atau rawon yang masih panas? Di cuaca yang panas, rupanya tubuh justru lebih membutuhkan asupan yang suhunya sama dengan kondisi saat itu. Bila cuaca panas, maka makanan yang hangat akan membantu tubuh menjadi lebih segar, karena suhu di dalam perut telah sama dengan suhu di bagian tubuh lainnya.

Kalau di Bali, berarti kamu harus coba makanan berkuah mantap di Sanur. Namanya Warung Mak Beng. Sup atau sop ikan di warung ini disajikan dengan rempah seperti kunyit, kencur, jahe, dan daun salam yang selain dapat menyegarkan badan dari dalam, juga dapat menghilangkan bau amis dari ikan itu sendiri.

Ikan Goreng di Warung Mak Beng

Ikan Goreng di Warung Mak Beng

Warung yang terletak di tepi pantai Sanur tepatnya di Jl. Hang Tuah No. 45 Sanur ini, selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Padahal tempat yang disediakan cukup kecil dan mejanya juga tidak terlalu banyak. Saking ramainya, pengunjung yang ingin makan rela mengantri sampai ada tempat duduk yang kosong demi menyantap satu-satunya menu andalan di warung ini. Bila makan di warung ini, pengunjung tidak perlu repot-repot memilih menu lagi karena seporsi menu di Warung Mak Beng ini sudah meliputi nasi hangat, sup ikan dan ikan goreng. Memang sih, mereka cuma jual satu menu aja 😀

Btw kalau kamu artis, siap-siap difoto dan dipampang disana ya. Soalnya disana memang ada beberapa foto artis ternama. Bukti bahwa nama Warung Mak Beng sudah terkenal.

Sup Ikan yang disajikan biasanya adalah bagian kepala. Ada potongan mentimun di dalam kuahnya yang membuat supnya terasa lebih menyegarkan. Menurut pengakuan pengunjung yang makan di warung ini, kuah sup ikan ini istimewa karena ada kejutan rasa pedas di dalam kuah sup bening tersebut. Ketika Anda mulai menyantap kuah sup ikannya, rasa yang mendominasi adalah asam, segar dan cukup pedas. Tapi setelah kuah melewati kerongkongan, rasa pedas yang hangat menyebar ke seluruh bagian kerongokongan hingga mulut.

Daging ikan yang ada di bagian kepala juga wajib dicoba. Kelembutan daging ikannya benar-benar meninggalkan kesan yang luar biasa dan tidak amis.

Proses masak sup ikannya

Proses masak sup ikannya

Eits, jangan ketinggalan untuk menyantap ikan gorengnya. Ikan goreng di warung ini disajikan bersama sambal yang menjadi andalan. Konon katanya, sambal di Warung Mak Beng ini hits karena rasanya yang luar biasa nendang. Cobalah makan dengan nasi putih. Orang Indonesia kebanyakan belum lengkap rasanya jika tidak menyantap nasi, bukan? Perpaduan daging ikan yang garing di luar dan lembut di dalam, sambal top markotop, perasan sedikit jeruk dan nasi putih hangat dijamin akan semakin memanjakan lidah Anda. Oya, ada satu lagi rekomendasi menu pelengkap yang menarik, yakni telur ikan. Telur ikan ini digoreng dan disajikan bersama sambal. Hemm.. sudah keluar air liurnya?

Nih lebih dekat lebih menggiurkan

Nih lebih dekat lebih menggiurkan

Ini dia satu poris sup ikannya, komplit dah

Ini dia satu poris sup ikannya, komplit dah

Warung Mak Beng ini dikenal sangat legendaris karena telah berdiri sejak 1941 dan diracik dengan bumbu rempah khas buatan pemiliknya. Setiap harinya, warung ini dapat menghabiskan 100-150 kg ikan segar untuk 200 porsi sup ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan cakal atau kuwe yang berdaging padat. Ikan yang digunakan juga selalu fresh sehingga menambah citarasa saat sudah matang.

Telur ikannya seperti ini

Telur ikannya seperti ini

Wajib hukumnya mampir ke warung ini jika sedang berada di sekitar Sanur. Seporsi makanan hangat ini cukupn terjangkau dengan harga hanya Rp 45.000 saja. Buka dari pukul 8 pagi sampai 10 malam, warung ini hampir selalu ramai di jam-jam tertentu. seperti jam makan siang misalnya. Sekalipun pengunjung bersedia antri, tapi tidak jarang loh ada pengunjung yang tidak kebagian makanan. Lantas apakah mereka kapok? Oh tentu tidak. Bisa dilihat dari antrian pengunjung yang tak patah semangat demi mendapat seporsi sup ikan dari Warung Mak Beng.

Jadi, kamu bersemangat juga? – Meg –

Please write a shout!