Amazing: 120pcs Roti Ayam Betutu dan 10 porsi Ayam Betutu Bu Koming terkirim dengan selamat! Pesan sekarang via WhatsApp, klik disini aja

Adakah dari Anda yang sangat menyukai rujak? Saya juga salah satu pecinta rujak nih ๐Ÿ˜€ Tetapi, rujak yang biasa terlintas di pikiran kita hanyalah sebatas rujak cingur, rujak buah, rujak aceh atau rujak madura. Pernah nggak Anda dengar tentang rujak batu batu? Eh, serius? Rujaknya pakai batu?

Oh no, no, no. Rujak Batu Batu yang berasal dari Tanjung Benoa Bali ini bukan berbahan dasar batu ya. Dalam semangkuk rujak khas Bali ini memang ada sesuatu yang berbentuk seperti batu. Apa ya itu? Benda tersebut adalah keong laut yang berukuran kecil.

rujak batu-batu

Rujak Batu Batu tuh ini

Jadi ceritanya, sejak tahun 1989, masayarakat di sekitar Tanjung Benoa Bali biasa menggunakan keong laut ini sebagai umpan kepiting. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai mencari tahu olahan apa yang bisa dikreasikan dengan keong laut ini. Tercetuslah ide untuk membuat rujak.

Keong-keong yang menyerupai batu ini dicuci bersih setelah dilepaskan dari cangkangnya. Kemudian keong laut direbus dengan sedikit garam. Sebagai resep pamungkasnya, disiramlah kuah asam manis pedas ke atas keong-keong tersebut. Kuahnya dibuat dari cuka, bawang putih dan cabai.

Sebetulnya, olahan keong tidak hanya bisa dijadikan rujak loh, tapi bisa juga dimakan kering seperti kerupuk.

Makanan yang dijuluki sebagai stone food ini juga populer di luar Tanjung Benoa. Karena saat ini sudah ada warung rujak yang menjual Rujak Batu-Batu ini di Denpasar. Berlokasi di Jl. Pattimura No. 30c Denpasar, warung bernama Warung Rujak Bali ini buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja, Anda sudah dapat menikmati segarnya Rujak Batu Batu yang dingin ditengah panasnya cuaca Bali.

kuah rujak batu-batu

Ngeliat kuahnya, jadi pengen kan?

Sayangnya, Rujak Batu Batu ini hanyalah makanan musiman. Sehingga baik di tanjung Benoa maupun di Denpasar, apabila keong laut sedang tidak musim, maka Rujak Batu Batu tidak tersedia di menu. Tapi tenang saja, di warung yang sudah memiliki lima cabang ini ada pilihan rujak lain kok. Ada Rujak Kuah Pindang, Rujak Gula Bali, Rujak Gula Pasir, dan beberapa pilihan rujak lainnya yang berjumlah sekitar 30 varian. Yuk deh cobain ๐Ÿ™‚ – Meg –

Please write a shout!