Happy Chinese New Year! Best seller Februari 2018: Roti Ayam Betutu & Lapis Legit Harum. NEW: Roti Ayam Sambal Matah! WhatsApp kami: klik disini

Belakangan ini, kami menerima komplain mengenai Pie Susu merk Asli Enaaak dan Pie Susu Dhian yang berjamur hanya dalam waktu tiga hari! Padahal normalnya kedua merk pie susu bali ini tahan hingga 5 hari di luar kulkas. Apa penyebabnya?

kemasan pie susu asli enak versi lama dan versi baru

Kiri: kemasan lama. Kanan: kemasan baru

Ada empat faktor penyebab pie susu berjamur:
1. Stok lama
2. Dikemas dalam keadaan masih panas
3. Suhu di ekspedisi
4. Kemasannya itu sendiri

Untuk faktor yang pertama yakni stok lama, perlu kami tegaskan bahwa kami selalu mengirimkan pie susu terbaru yang baru dibikin hari itu juga. Karena kami tidak memberlakukan sistem stok, kami baru bikinkan saat ada pesanan. Dengan kata lain, pie susu yang dikirim adalah fresh buatan hari itu juga.

Penyebab kedua adalah jika pie susu dikemas dalam keadaan masih panas, pasti akan mudah basi dan berjamur. Hal ini juga lazim ditemui di jenis makanan apapun.

Suhu paket saat di ekspedisi yang tidak menentu, entah itu dingin berlebihan atau panas berlebihan saat di perjalanan, juga menjadi penyebab pie susu cepat rusak. Namun kemungkinan ini kecil adanya.

Sedangkan dugaan terkuat kami adalah kemasannya itu sendiri yang menyebabkan pie susu mudah rusak, basi dan berjamur. Sebelum kemasannya berubah, pie susu nyaris tak ada komplain karena berjamur. Namun sejak kemasan berubah seperti sekarang, komplain mulai sering berdatangan.

kemasan lama dan baru pie susu dhian

Kiri: kemasan lama. Kanan: kemasan baru.

Apakah kemasan yang baru itu sebenarnya tidak cocok?

Tidak juga! Kemasan baru juga mempunyai kelebihannya sendiri. Selain lebih sedap dipandang mata dan tampak profesional, kemasan baru menjamin udara kotor tidak bisa masuk mengotori pie susu. Namun kelemahan dari kemasan baru ini ialah bila terkena panas berlebih (entah panas dari luar atau panas dari dalam, jika pie susu dikemas dalam keadaan belum dingin), udara panas yang terkurung di dalam tidak bisa keluar dan itu mempercepat kerusakan pada pie susu.

Pada kemasan lama, bentuknya memang tidak seberapa bagus namun sangat bagus dalam hal sirkulasi udara.

Sebenarnya saya pribadi menilai kemasan pie susu baru ini terlalu berlebihan. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan kemasan lama saja dan dana yang dikeluarkan untuk kemasan baru (yang tidak murah) dialokasikan sebagai subsidi untuk menurunkan harga pie susu nya.

Please write a shout!