Amazing: 120pcs Roti Ayam Betutu dan 10 porsi Ayam Betutu Bu Koming terkirim dengan selamat! Pesan sekarang via WhatsApp, klik disini aja

Belum sah rasanya ke Bali tanpa menikmati seporsi nasi ayam betutu. Tapi kalau dilihat-lihat, ada banyak banget nasi ayam betutu yang ada di Bali. Dari kelas warung sampe restoran, semua pasti punya menu hits andalan masyarakat Bali ini. Memangnya, kenapa sih segitunya sama nasi ayam betutu? Rupanya hidangan ayam betutu awalnya adalah hidangan yang dibuat khusus di hari raya. Tapi karena kini sudah menjadi salah satu makanan ikonik Bali, maka nasi ayam betutu pun mudah ditemukan di semua wilayah Bali.

Warung Ayam Betutu Liku tampak depan

Warung Ayam Betutu Liku tampak depan

Jika ingin menikmati nasi ayam betutu yang cita rasanya berbeda dari ayam betutu kebanyakan, cobalah datang ke Warung Liku. Warung yang terletak di Jl. Gandapura III ini memiliki menu nasi ayam betutu yang rasanya khas. Hem..kira-kira apa yang membedakan nasi ayam betutu Warung Liku dengan yang lain? Bila kebanyakan ayam betutu dimasak dengan cara direbus lalu dibakar, di Warung Liku ayam boiler dipanggang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, baru direbus dengan base genep selama 3 jam sampai empuk dan bumbu meresap.

Jadi bisa dibilang keunikannya ialah, jika cara memasak ayam betutu biasanya direbus dulu baru dipanggang, kalau di Warung Liku ini malah terbalik, yakni dipanggang dulu baru direbus. Alasannya supaya minyak ayam boiler tersebut habis.

Base genep yang merupakan bumbu khas bali ini memang jadi kunci kelezatan Ayam Betutu Warung Liku. Diracik dari kunyit, lengkuas, jahe, kencur, bawang merah dan putih, cabe besar dan kecil, ketumbar, merica putih, merica hitam, kemiri, tomat, serai dan daun salam yang dihaluskan lalu ditambah kewangen/bumbu wangen yang hanya ada di Bali. Base genep pun siap membalut ayam boiler yang sudah selesai dipanggang. Yang membuat rasa bumbu semakin kuat adalah bumbu tidak hanya dioles, melainkan juga dimasukkan ke dalam rongga ayam setelah jeroannya dikeluarkan.

Satu porsi komplit nasi ayam betutu by Warung Liku

Satu porsi komplit nasi ayam betutu by Warung Liku

Jika ingin menikmati ayam betutu khas Warung Liku, Anda bisa datang langsung ke warungnya dan makan dengan porsi biasa yang dibandrol dengan harga Rp 15.000 saja. Tapi jika ingin porsi yang lebih besar, bisa memesan porsi jumbo seharga Rp 20.000 saja loh. Masih terjangkau banget kan!

Ga percaya? Nih video dari Youtuber:

Oh ya, jangan lupa untuk memesan es gula sebagai pelengkap makan anda. Es ini merupakan campuran dari sirup gula berwarna hijau, air, es batu, dan sedikit perasan jeruk nipis. Slurrpp… segarnya 😀

Lalu apa saja sih yang ada di piring kita jika makan ke Warung Liku? Dalam satu porsi makan, tersedia nasi putih hangat, sayur kacang panjang, suwiran ayam betutu, telur rebus, kentang goreng, kacang goreng, lalapan timun dan sambal matah yang nendang pedasnya. Anda juga bisa request untuk tambah menu babi juga loh.. ini optional ya.

Kelihatannya enak? Kepikiran untuk membawa ayam betutu untuk keluarga atau kerabat? Jangan khawatir. Di warung ini sudah disiapkan ayam betutu satu ekor dikemas plastik mika khusus untuk pengunjung yang ingin membawa sebagai oleh-oleh. Anda juga akan mendapat bumbu betutunya dalam paket ini. Tapi, karena ayam betutu ini fresh dimasak setiap hari, maka daya tahannya pun hanya 1 hari saja. Jika sudah sampai di kota tujuan, segera dipanaskan dengan cara dikukus, diletakkan dalam microwave, atau dimasak di wajan. Simpel bukan?

Nah, jika ingin datang untuk makan, saran saya datanglah sesaat setelah jam buka. Warung ini buka pukul 9 pagi dan tutup pukul 3 sore. Tapi saking ramainya, biasanya pukul 12 hingga 1 siang stok sudah menipis. Padahal dalam satu hari, Warung ini telah menyiapkan sebanyak 350 porsi ayam loh. Jangan kaget ya, di hari raya besar, mereka bisa menjual hingga 900 porsi ayam betutu. Waah… banyak sekali.

Ayam Betutu Warung Liku dibungkus

Ayam betutu Warung Liku sudah siap dibawa keluar kota

Satu lagi, jika Anda membawa kendaraan saya merekomendasikan untuk membawa sepeda motor ya. Karena letak warung yang dipinggir jalan, tempat parkir yang tersedia pun terbatas. Mobil bisa juga parkir disini, tapi jumlah lahan yang tersedia tidak cukup banyak. Atau jika Anda tidak ingin bepergian, anda dapat memesan melalui layanan yang kami sediakan.

Cobalah rasakan sendiri kenikmatan cita rasa ayam betutu dengan bumbu base genepnya yang istimewa plus harga murah di Warung Liku. Selamat mencoba! – Meg –

Please write a shout!