Amazing: 120pcs Roti Ayam Betutu dan 10 porsi Ayam Betutu Bu Koming terkirim dengan selamat! Pesan sekarang via WhatsApp, klik disini aja

Pernah mencoba eksplorasi kuliner khas Bali di daerah Gianyar? Sudah mencicipi Nasi Tepeng belum? Nah, kalau belum pernah mencoba, atau bahkan belum pernah mengenal Nasi Tepeng, cobalah untuk duduk tenang dan nikmati membaca artikel ini. Hehehe.. ๐Ÿ˜€ Pecinta kuliner tradisional harus tau!

Nasi Tepeng merupakan salah satu kuliner Bali yang berasal dari Gianyar. Bahan utama yang harus ada adalah nasi itu sendiri. Nasi Tepeng bertekstur seperti bubur yang agak padat. Nasinya ini dimasak dengan rempah loh sehingga aroma dan citarasa nasinya saja sudah enak.

Nasi Tepeng kuliner tradisional berasal dari Gianyar

Nasi Tepeng kuliner tradisional berasal dari Gianyar

Dalam olahan Nasi Tepeng, nasi bertekstur lembek seperti bubur yang sudah ditata dalam pincuk daun pisang ditaburi dengan bumbu yang terbuat dari kunyit, garam, lada dan bawang. Jika Anda tidak dapat menerka seperti apa bumbu yang dimaksud, Anda dapat mengingat bumbu kuning yang biasa disajikan bersama Bebek Goreng. Bedanya, dalam bumbu Nasi Tepeng ini Anda akan merasakan rasa pedas menggigit.

Baca juga: Resep Nasi Tepeng khas Gianyar

Selanjutnya usai diberi bumbu, akan disajikan pula telur rebus dan ayam suwir sebagai lauknya. Nah belum cukup sampai disitu, masih ada pula sayuran mirip dengan urap yang ditata diatas Nasi Tepeng. Sayuran ini biasanya terdiri dari kacang panjang, daun kelor, terong, kacang merah, dan nangka muda. Sayuran rebus ini kemudian dicampur atau diurap dengan kelapa parut berbumbu.

Btw Nasi Tepeng juga biasanya disajikan dengan menu berbahan daging babi, jadi sebaiknya bagi saudara yang muslim sebelum beli tanyakan terlebih dahulu pada penjualnya daging apa yang digunakan ya.

Terakhir, Nasi Tepeng dilengkapi sambal yang aduhai pedasnya. Sambal diracik dari cabe merah keriting, cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah dan putih yang semuanya ditumis dulu di minyak panas untuk mengeluarkan minyak dan aromanya, dihaluskan, lalu dibumbui garam dan gula.

Penampakan Nasi Tepeng yang siap disantap

Penampakan Nasi Tepeng yang siap disantap

Sudah ngiler belum ? Hehe.. ๐Ÿ˜€

Sajian Nasi Tepeng ini biasanya ada di Hari Raya Nyepi sebagai santapan selama di rumah. Namun sekarang ini banyak kok penjual Nasi Tepeng yang berjualan dari pagi hingga malam. Di Gianyar sendiri yang merupakan lokasi asal Nasi Tepeng ini, kuliner ini disantap sebagai menu sarapan. Biasa dijajakan di Pasar Senggol Gianyar dan pasar tradisional lain di Gianyar.

Namun, karena biasanya yang berjualan Nasi Tepeng bisa dari pagi hingga malam, maka Nasi Tepeng dapat Anda nikmati kapanpun. Harganya juga relatif terjangkau. Sekitar Rp 5.000-10.000 saja. Kalau di restaurant bisa lebih mahal dari ini ya.

Nah untuk menikmati citarasa aslinya, cobalah untuk mampir dan mencicipi makanan tradisional Bali yang biasa dibungkus dengan daun pisang ini di Gianyar langsung ya. Gak rugi kok. Apalagi bagi Anda yang menyukai kuliner pedas. (Meg)

Please write a shout!