Selamat datang! Ellen May pakar saham Indonesia adalah customer loyal kami, klik disini untuk ceritanya. WA kami? klik disini.

Pengiriman makanan seperti salak gula pasir dan buah-buahan lainnya kini lebih ketat karena harus dikarantina dulu di bandara. Bahkan untuk pengiriman keluar pulau seperti ke Papua misalnya, produk daging-dagingan juga butuh ijin karantina. Para ibu muda yang ngidam salak Bali kini harus merelakan pesanannya kena karantina. Apa pasalnya?

Kalau dulu balai karantina hanya mengenakan karantina pada hewan dan tumbuhan hidup, maka sekarang ada penambahan untuk setiap jenis buah, sayuran dan makanan bukan olahan. Jika masih belum berupa olahan maka akan dikarantina.

Sejatinya peraturan karantina ini sudah ada sejak tahun 2012. Hanya saja untuk sekarang pihak bandara lebih ketat. Walau ada beberapa paket yang lolos xray, tapi lebih baik kita mengacu pada peraturan yang memang sudah diresmikan.

bukti Salak Gula Pasir kirim ke Astana Anyar Bandung, tiba dengan sangat selamat

Salak Gula Pasir kirim ke Astana Anyar Bandung, tiba dengan sangat selamat

Solusi pengiriman buah keluar kota dan keluar pulau adalah dengan tidak mengirim paket jenis buah-buahan dan sayuran pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dikarenakan balai karantina tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Ijin karantina juga baru keluar dalam waktu satu hari, jadi estimasi pengiriman pun bertambah sehari meski menggunakan layanan kilat (JNE YES). Jika ke Jakarta normalnya sehari sampe, maka dengan adanya penerapan aturan karantina ini estimasinya jadi satu-dua harian. Satu hari kalau lolos karantina, dua hari kalau kena karatina.

Karena kami sudah berpengalaman sejak 2010, maka kami punya trik & cara khusus untuk membuat salak bali tetap bagus tiba di tujuan. Pernahkah rusak? Tentu saja pernah namanya juga manusia, tapi itu biasanya karena ekspedisi terlambat kirim. Selama ada garansi ganti rugi 100% kenapa harus takut?

Jika ngotot mengirim paket tanpa melalui karantina maka ada dua kemungkinan yakni paket lolos xray dan dikirim tanpa ijin karantina. Atau paket tertahan di bandara saat kena xray dan akhirnya paket ditahan. Kalaupun dikembalikan maka butuh proses dan paket bisa keburu rusak.

Berapa biayanya?

Biaya karantina untuk buah-buahan seperti salak bali ialah:Rp 5.500 per kilogram + biaya admin karantina Rp 5.500 per paket. Misal salak beratnya 5kg maka biaya yang harus dibayarkan rinciannya adalah (Rp 5.500 x 5kg) + biaya admin Rp 5.500.

Jadi, sudah paham ya bahwa salak perlu karantina. Ini peraturan pemerintah, bukan peraturan ekspedisi (seperti JNE) apalagi peraturan kami. Kami hanya menaati peraturan pemerintah 🙂 Jika ada penjual lain yang menjamin lolos karantina 100 persen, maka kamu harus berhati-hati karena itu berarti ia sedang mencoba menipu kamu!

Please write a shout!